Penyebab Penyakit Lupus Dan Gejala Penyakit Lupus

Apakah itu Penyakit Lupus – Selain beberapa penyakit lain yang sudah sangat di kenal beberapa orang seperti penyakit jantung, penyakit diabetes, stroke, kanker ada pula penyakit – penyakit yang lain yakni penyakit lupus. Penyakit lupus atau Systemic Lupus Erythematosus (SLE) yaitu penyakit yang terkait system imunitas badan, yang menganggap kalau jaringan yang ada di dalam badan sebagai benda asing, hingga bereaksi pada bebrapa area organ badan lain seperti jaringan pembuluh darah, sel darah, kulit, otot, ginjal, tulang, system saraf, lapisan yang ada pada paru-paru, system kardiovaskuler, pencernaan, mata bahkan juga otak.

Penyebab Penyakit Lupus dan Gejala Penyakit Lupus

Penyebab Penyakit Lupus dan Gejala Penyakit Lupus

Mengetahui Apakah itu Penyakit Lupus

Secara sederhana seorang di katakan mengalami penyakit lupus ketika badan orang itu bereaksi alergi pada badannya sendiri. Lupus dikenal juga oleh beberapa pakar medis dengan julukan “Penyakit Seribu Wajah” serta “Si Peniru Ulung” ini karena tanda-tanda yang muncul pada seorang yang menderita lupus nyaris sama dengan adanya banyak beberapa gejala pada penyakit-penyakit yang lain, sebab itu butuh diagnosis khusus hingga orang itu bisa di vonis menderita penyakit ini. Dalam ilmu kekebalan badan atau pengetahuan imunologi penyakit Lupus ini adalah kebalikan dari kanker atau HIV/AIDS.

Menurut Prof. Dr. Zubairi Djoerban yang ahli dalam persoalan penyakit dalam RSCM (Rumah Sakit Cipto mangunkusumo), beliau menerangkan kalau penyakit lupus adalah penyakit yang menahun serta bisa di kategorikan sebagai penyakit kritis. Beliau menyampaikan kalau pada pasien lupus, produksi antibodi tidak jalan dengan normal lantaran terjadi secara berlebihan hingga antibodi yg tidak normal atau katakan lah terlalu berlebih itu bukannya menyerang virus, kuman serta bakteri pada badan akan tetapi malah menyerang jaringan-jaringan serta beberapa sel pada badan pasien tersebut. Hingga penyakit lupus bisa dimaksud dengan autoimmune disease yaitu penyakit dengan kekebalan badan yang terlalu berlebih.

Walau beberapa orang yakin kalau penyakit lupus susah untuk didiagnosa tetapi terdapat banyak tanda-tanda umum pada seorang yang terserang penyakit lupus, tanda-tanda yang muncul, umumnya di bagian muka serta lengan nampak bercak-bercak merah mirip kupu-kupu atau umum dimaksud dengan buterfly rush diluar itu juga penderita akan terasa capek berkelanjutan serta panas, kerontokan rambut juga jadi salahsatu tanda-tanda yang muncul ditambah dengan tanda-tanda lain seperti munculnya sariawan serta pembengkakan pada persendian. Tanda-tanda itu biasanya berlangsung pada seorang yang terserang penyakit lupus. Tetapi seorang yang mengalami gejala itu harus diperiksa lebih lanjut oleh dokter untuk memastikan serta supaya mendapatkan penanganan yang tepat.

Penyakit ini bisa menyerang beragam lapisan masyarakat yang ada. Di antara 100 ribu masyarakat 1 hingga 5 salah satunya mengalami penyakit lupus ini. Dibanding dengan pria, wanita semakin banyak 6 hingga 10 kalinya dari pada pria yang mengalami penyakit ini, terutama orang-orang yang berada di dalam rentang 15 th hingga 40 th..

Penyebab Penyakit Lupus adalah

Penyebab Penyakit Lupus merupakan masih misterius di kalangan medis terkecuali penyakit lupus yang disebabkan oleh obat, lantaran penyakit ini masih tidak dapat di ketahui pemicunya. Lupus bukanlah penyakit yang menular lantaran lupus bukalah penyakit yang bisa menular. Hingga sekarang ini penyakit lupus masihlah jadi perbincangan dikalangan medis karena penyakit lupus ini mempunyai persamaan dengan gejala-gejala yang terkait dengan penyakit lain.

Dari data yang ada penyakit lupus terkena oleh perempuan dengan rentang umur produktif s/d umur 50 th., walau ada pula beberapa pria yang alami penyakit lupus ini. Hingga dari data itu penyakit lupus ini disangka ada hubungan dengan hormon esterogen yang ada pada badan perempuan. Ketika hamil atau sesetelah melahirkan juga gejala lupus seringkali ada, sudah pasti dengan adanya hal semacam ini kewaspadaan dalam kesehatan waktu kehamilan atau sesudah kehamilan butuh ditingkatkan.

Pada penyakit lupus antibodi bukannya menyerang penyakit agar badan tetaplah dalam kondisi sehat namun jadi sebaliknya, kekebalan badan malah menyerang organ yang ada dalam tubuh yang dalam kondisi sehat. Ini karena kekebalan badan berlebihan yang ada pada badan atau disebut dengan autoimunitas.

Apa sajakah Penyebabnya Penyakit Lupus? Ada dua langkah antibodi ini masuk dalam badan serta mengakibatkan kerusakan jaringan yang ada didalamnya :

Langkah pertama, sel badan dalam jaringan badan di serang oleh antibodi yang berlebihan ini, semisal pada sel darah merah hingga sel darah merah itu hancur serta mengakibatkan penderita jadi anemia atau pasien mengalami kekurangan sel darah merah.

Langkah kedua, yakni ada penggabungnya antibodi berlebihan ini dengan anti gen. Anti gen yaitu zat yang berperan sebagai perangsang pembentukan antibodi, hingga penggabungan ini dapat membuat ikatan yang dimaksud dengan juga kompleks imun. Lalu paduan dari kedua zat ini mengalir dengan darah kebagian-bagian badan lain serta tersangkut pada pembuluh kailer hingga mengakibatkan peradangan. Bila dalam kondisi normal kompleks imun ini dibatasi oleh fagosit (sel-sel radang) tetapi dalam kondisi yg tidak normal kompleks imun ini tidak bisa dibatasi dengan baik, dan malah yang terjadi yaitu beberapa sel radang tersebut jadi tambah banyak serta mengeluarkan enzim yang mengakibatkan kerusakan daerah sekitaran kompleks dengan peradangan. Hingga kurun waktu yang panjang peradangan bakal mengakibatkan kerusakan organ yang ada pada badan hingga beberapa fungsi organ bakal jadi terganggu. Lalu hal semacam ini akan menjadi terlihat sebagai tanda-tanda dari penyakit, hingga bila sistem ini berkepanjangan dari waktu ke waktu maka fungsi organ tubuh bakal terganggu serta tidak bisa bekerja seperti harusnya.

Ada banyak hal menjadi penyebabnya penyakit lupus seperti dengan menghindari bebanpikiran (stress), melindungi supaya badan tak bekerja sangat capek, hindari obat yang mungkin saja saja bikin badan jadi alergi.

Ciri-Ciri Gejala Penyakit Lupus

Seperti yang sudah di ketahui kalau penyakit lupus adalah penyakit yang perlu diwaspadai lantaran mengakibatkan beragam masalah pada manfaat organ badan

Lupus meskipun merupakan penyakit yang belum begitu memperoleh perhatian dari pemerintah tetapi sudah banyak mengambil korban di beberapa kalangan masyarakat. Dengan makin meningkatnya data dari pasien penyakit lupus mudah-mudahan pemerintah lebih memerhatikan mengenai penyakit lupus ini.

Kendala yang mungkin saja dihadapi banyaknya tenaga medis yaitu diagnosis dari penyakit lupus ini lantaran tanda-tanda yang nampak pada pasien nyaris sama dengan adanya banyak penyakit yang lain. Oleh sebab itu butuh dilakukan pemeriksaan dengan cara intensip serta segera mengkonsultasikannya dengan dokter bila nampak tanda-tanda penyakit lupus atau dari tanda-tanda pergantian yang muncul serta di rasa ganjil.

Berikut ini gejala-gejala penyakit lupus atau tanda-tanda dari ada penyakit lupus, tanda-tanda ini biasanya diketemukan pada penderita penyakit lupus salah satunya :

  • Munculnya masalah pencernaan,
  • Kulit gampang gosong yang disebabkan oleh cahaya matahari,
  • Terasa lemah, kelelahan berlebihan, demam serta pegal-pegal. Ciri penyakit lupus ini bakal hilang pada saat nonaktif atau remisi,
  • Anemia yang disebabkan hacurnya sel darah merah oleh penyakit lupus ini,
  • Rambut akan seringkali mengalami kerontokan,
  • Gejala pada kulit, nampak ruam persis kupu-kupu yang membentang pada kulit muka.

jika seseorang mengalami kondisi seperti gejala penyakit lupus di atas, lalu janganlah segera mengasumsikan kalau orang itu menderita penyakit lupus, langkah selanjutnya bila ada gejala seperti yang sudah dijelaskan di atas, segera menghubungi dokter untuk lakukan konsultasi serta pemeriksaan lebih lanjut supaya bisa ditangani dengan cepat serta tepat.

Sekian informasi tentang Penyebab Penyakit Lupus dan Gejala Penyakit Lupus semoga dapat bermanfaat, mari kita jaga kesehatan badan yang begitu bernilai ini dengan membiasakan melakukan pola hidup sehat, dengan lakukan berolahraga teratur serta konsumsi gizi seimbang supaya badan tetaplah dalam kondisi yang sehat hingga bisa beraktivitas sehari-hari dengan normal. mudah-mudahan berguna serta tetaplah menjaga kondisi badan supaya tetap bugar serta sehat. Mencegah lebih baik dari pada mengobati, mengobati lebih baik dari pada tidak diobati.

Incoming search terms:

Penyebab Penyakit Lupus Dan Gejala Penyakit Lupus | admin | 4.5