Ciri-Ciri Gejala Terkena Penyakit Gagal Ginjal

Ciri-Ciri Tanda-tanda Awal Penyakit Gagal Ginjal – Tua maupun muda, Lelaki atau perempuan nyatanya sama saja dapat terserang penyakit ginjal jika tak menjaga pola hidup sehat. Tidak cuma kulit atau area badan lain saja yang menua begitu juga dengan ginjal, seiring bertambahnya usia ginjal juga mengalami penuaan sesuai usia seseorang. Oleh karena itu untuk beberapa orang yang telah berumur lanjut sangatlah dianjurkan untuk mengecek ginjalnya dengan teratur supaya bisa di ketahui selalu keadaannya.

Ciri-Ciri Gejala Terkena Penyakit Gagal Ginjal

Ciri-Ciri Gejala Terkena Penyakit Gagal Ginjal

Walau demikian, nyatanya penyakit gagal ginjal dapat saja menyerang umur muda, bukan hanya usia lanjut. Menurut salahsatu dokter spesialis penyakit dalam dan konsultasi ginjal yakni dr Tunggul D. Situmorang, SpPD-KGH mengungkap kalau pada umur muda tidak sedikit yang berumur muda mengalami gagal ginjal. Oleh karena itu setiap orang harus berupaya untuk menjaga ginjal nya supaya berfungsi dengan baik.

Tanda-tanda Awal Penyakit Ginjal

Ginjal adalah satu diantara organ terpenting manusia yang berperan sebagai alat pengeluaran (ekskresi) manusia yaitu membuang sisa-sisa metabolisme dari pada badan manusia. Apabila ginjal manusia tak berfungsi dengan baik maka sisa metabolisme yang tidak dapat di keluarkan dari dalam tubuh dapat menjadi toksin yang begitu berbahaya serta inilah yang disebut gagal ginjal oleh para medis.

Penyakit Gagal Ginjal

Apakah itu Penyakit Gagal Ginjal? Apabila diterangkan secara lebih detil penyakit gagal ginjal yaitu satu penyakit di mana fungsi ginjal menjadi turun yang menyebabkan ginjal kurang bisa bekerja dengan baik untuk menyaring elektrolit badan, menjaga keseimbangan zat kimia pada badan (sodium serta kalium) dalam darah atau produksi urine serta keseimbangan cairan.

Apa yang mengakibatkan seseorang terserang gagal ginjal? Terdapat beberapa kemungkinan penyebabnya seseorang terserang penyakit gagal ginjal salah satunya dari hipertensi, diabetes, kanker, kelainan ginjal, penyumbatan saluran kemih atau rusaknya sel yang berfungsi menyaring pada organ ginjal.

Beberapa orang yg tidak tahu dengan jelas penyakit ginjal ini, umumnya hanya tahu kalau gagal ginjal adalah satu bentuk kerusakan ginjal saja, walau sebenarnya terdapat banyak jenis diagnosa dari gagal ginjal ini. Di antara diagnosa penyakit gagal ginjal yaitu seperti berikut :

1. Penyakit Gagal Ginjal Akut
Gagal Ginjal Akut (GGA) inilah diagnosa ginjal yang disebut jenis pertama, pada diagnosa ini seseorang mengalami penurunan fungsi ginjal yang terjadi secara mendadak yang sebelumnya kondisi ginjal nya normal. Pada sebagian kasus yang terjadi penanganan yang diberikan yakni melalui cara pengobatan dengan mengambil terapi dialisis atau pencucian darah.

2. Penyakit Gagal Ginjal Kronik
Gagal Ginjal kronik (GGK) adalah jenis diagnosis yang ke-2, pada Penyakit Gagal Ginjal Kronik terdapat fase-fase atau tingkatan-tingkatan keparahan yakni tahap 1, 2, 3 hingga 4. Penderita mempunyai hasil Laju Filtrasi Glomerulus yaitu di bawah 60 ml/mnt/1, 73m2 serta telah lebih dari tiga bln.. Jenis Gagal Ginjal Kronik ini kerusakan telah mencapai tiga bln. yang awal mulanya ditemukan kalau susunan hispatologi pada organ ginjal mengalami rusaknya fungsional yakni kelainan pada tes urin serta tes darah.

Lantas pada bagian ke lima dari GGK ini merupakan Gagal Ginjal terminal yakni pada fase ini fungsi ginjal penderita sangatlah mengalami penurunan atau memiliki hasil LFG ada di bawah 15ml/mnt/1, 73m2 yang menyebabkan terjadinya uremia yakni masalah yang terjadi pada keping darah hingga pasien sebaiknya melakukan terapi ginjal yang fungsinya sebagai pengganti supaya fungsi ginjal bisa di ambil alih dalam menghilangkan zat beracun (toksin) yang ada pada badan.

Diluar itu ada juga gagal ginjal akut, pada fase ini menjaga pola hidup amatlah penting untuk mencegah badan pada keadaan yang lebih berbahaya, menurut Prof. Rully menjelaskan kalau : “satu ons mencegah jauh lebih penting serta begitu bernilai dibanding dengan diberikan satu kilo penyembuhan.

menurut Prof Rully : “Penyakit Gagal Ginjal akut adalah tahapan lanjutan dari gagal ginjal kronik yang pada tahapan sebelumnya kesehatan badan penderita dalam kondisi stabil. Diluar itu pada sebagian masalah yang terjadi penting di lakukannya terapi dialisis atau pencucian darah yang berperan untuk menukar fungsi ginjal yang rusak supaya pasien bisa mempertahankan hidup. ” Paparnya.

kalau menurut Kepala Nephrologi dari Pushpawati Singhania Research Institute di New Delhi Dr Sanjiv Saxena Menjelaskan kalau, “Penyakit Gagal Ginjal lebih banyak dipicu lantaran terjadinya dampak jelek pada penderita Diabetes Millitus, Hipertensi, batu ginjal serta obat-obatan antibiotik dan juga penghilang rasa sakit. Penyakit ini mesti diwaspadai lantaran tak mempunyai tanda-tanda awal penyakit gagal ginjal yang khusus. ”

Paparnya lagi untuk penderita penyakit seperti Diabetes Millitus serta hipertensi disarankan untuk seringkali mengecek tingkat gula darah serta tekanan darah dan juga seringkali melakukan check up.

Lebih baik menghindar daripada mengobati. Mungkin saja peribahasa itu yang paling pas untuk permasalahan penyakit. Mencegah penyakit gagal ginjal dapat dikerjakan dengan pola hidup yang sehat, mengontrol makanan, tak konsumsi alkohol, melindungi berat bedal ideal, kurangi makanan yang berlemak dan berkolesterol, jauhi rokok serta tingakatkan aktivitas fisik dengan olahraga secara teratur.

Sekian dari kami semoga informasi tentang Ciri-Ciri Tanda-tanda Terserang Penyakit Gagal Ginjal  bisa bermanfaat, serta dapat menjadi tambahan pengetahuan anda. salam sehat

Incoming search terms:

Ciri-Ciri Gejala Terkena Penyakit Gagal Ginjal | admin | 4.5